LEMBAGA HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN PERANG DUNIA 1 DAN 2



1.    A. Hubungan internasional sebelum terjadi perang dunia I

Sejarah perkembangan hubungan internasioal identik dengan Perjanjian Westphalia (1648) yang berisikan pergeseran kekuasaan pada masa Yunani kuno. Rakyat tidak lagi menunjukkan loyalitasnya kepada Gereja Katholik Roma, namun kepada raja sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Setelah diratifikasinya Perjanjian Westphalia, sejarah hubungan internasional memasuki suatu era yang dinamakan New Era. New Era dimulai saat Perang Dunia I hingga tragedi 9/11. Sebelum terjadinya Perang Dunia I, sebagian Negara-negara di Eropa sudah mengalami konflik, faktor penyebab terjadinya Perang Dunia I yakni peristiwa penembakan Pangeran Franz Ferdinand dari Austria bersama istrinya oleh seorang nasionalis Serbia, Gavrilo Princip, di Sarajevo.

B. hubungan internasional sebelum terjadi perang dunia II
Pasca Perang Dunia I terciptalah Liga Bangsa-Bangsa dengan tujuan perdamaian dunia dengan Woodrow Wilson (presiden AS ketika itu), namun kemunculan LBB dianggap gagal, karena AS sendiri menolak untuk bergabung. LBB tidak berumur panjang karena munculnya paham fasisme. Di Italia, paham fasisme muncul dipimpin oleh Benito Mussolini, lalu berkembang di Jerman dipimpin oleh Adolf Hitler dan di Jepang dipimpin oleh Tenno Meiji. Ketiga negara inilah yang menjadi pencetus Perang Dunia II. Dibawah komando Hitler, Jerman menolak isi Perjanjian Versailles dan berusaha meningkatkan kembali industri senjatanya.
2.    A. Penyebab perang dunia I
faktor penyebab terjadinya Perang Dunia I yakni peristiwa penembakan Pangeran Franz Ferdinand dari Austria bersama istrinya oleh seorang nasionalis Serbia, Gavrilo Princip, di Sarajevo. Setelah penembakan ini, Austria mengeluarkan ultimatum disusul pernyataan perang terhadap serbia pada tanggal 28 Juli 1914.serangan Austria terhadap Serbia ini dianggap sebagai awal Perang Dunia I. Setelah berlangsung kurang lebih 4 tahun perang ini lalu berakhir dengan adanya Perjanjian Versailles yang ditandatangani pada tanggal 28 Juni 1919.

B. Penyebab perang dunia II

Pasca Perang Dunia I terciptalah Liga Bangsa-Bangsa dengan tujuan perdamaian dunia dengan Woodrow Wilson (presiden AS ketika itu), namun kemunculan LBB dianggap gagal, karena AS sendiri menolak untuk bergabung. LBB tidak berumur panjang karena munculnya paham fasisme. Di Italia, paham fasisme muncul dipimpin oleh Benito Mussolini, lalu berkembang di Jerman dipimpin oleh Adolf Hitler dan di Jepang dipimpin oleh Tenno Meiji. Ketiga negara inilah yang menjadi pencetus Perang Dunia II. Dibawah komando Hitler, Jerman menolak isi Perjanjian Versailles dan berusaha meningkatkan kembali industri senjatanya.Perang Dunia II meletus ketika Jerman menyerang Polandia pada tahun 1939. Perang ini melibatkan 2 blok yakni Blok Sekutu (AS, Inggris, Perancis) dan Blok Poros (Jerman, Italia, Jepang)

3.    Analisis kemungkinan terjadinya perang dunia III
Kondisi keamanan dunia tidak juga stabil. Beragam persoalan di Timur Tengah, Ukrania Timur, hingga Laut Cina Selatan berpotensi menyulut perang yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Perang melibatkan kekuatan besar, seperti Rusia, Cina, dan Amerika Serikat. Di Timur Tengah, seperti di Suriah, negara-negara besar seakan ingin menunjukkan kekuatannya. Pesawat tempur dari berbagai negara terlibat operasi melawan kelompok ISIS meski memiliki tujuan berbeda. Satu pihak ingin tetap mempertahankan Presiden Bashar al-Assad, tapi di sisi lain ingin menjatuhkannya.
Selain itu, makin berkurangnya sumber daya seperti bensin, minyak di dalam suatu negara suatu saat akan habis dan salah satu yang paling mulia (juga terpaksa) adalah merampok milik tetangga, atau negara lain. Bila sudah begini Pemerintah penjajah akan merampok sumber daya, lalu dijadikan sumber negeri sendiri. di masa ini persediaan sumber daya energi saja sudah terasa hampir habis, apalagi di masa depan? kehabisan sumber daya disebabkan banyaknya populasi manusia yang tinggal. karena semakin banyak nya populasi, semakin resources terus digunakan dan semakin uang mengalir ke meja pemerintah.
4.    Persoalan yang nampak kemungkinan terjadinya perang dunia III
Berikut sejumlah konflik yang bisa menyulut perang dunia. Kesimpulan diambil dari ahli diplomasi dari Universitas Kentucky Robert Faley serta pendapat lain. 
a.       Perang Suriah
b.      Ketegangan Laut Cina Selatan
c.       Ketegangan Turki-Rusia
d.      Ketegangan Asia Timur
e.       Konflik India dan Pakistan
f.       Ukraina Timur
g.      Konflik Saudi-Iran
h.      Ketegangan Palestina-Israil
i.        Hubungan Amerika Serikat dengan China
5.    Solosi mencegah terjadinya perang dunia III
a.       mendirikan lembaga perlindungan Negara di dunia sperti PBB
b.      menjalin kerja sama dalam berbagai aspek dengan Negara lain
c.       membantu Negara yang mengalami konflik
d.      tidak membuat pelanggaran janji dengan Negara lain
e.       menghargai budaya-budaya Negara lain





DAFTAR PUSTAKA
Widiastuti, Anik dan Taat Wulandari, 2012. KERJASAMA INTERNASIONAL. Bahan Ajar Untuk Mata Kuliah Kerjasama Internasional Program Studi Pendidikan IPS UNY Surabaya. Tidak Diterbitkan.
5 Upaya Agar Perang Dunia Tidak Terjadi Lagi, (Online), (http://brainly.co.id/tugas/566687, diakses 20 Oktober 2016)
Nashrudin, 2015. Delapan Konflik Bisa Memicu Perang Dunia III, (Online), (http://portalsatu.com/berita/delapan-konflik-ini-bisa-picu-perang-dunia-3-apa-saja-4840, diakses 20 Oktober 2016)

Komentar

Postingan Populer